BUMN Khusus Menangani Radar Bandara Siap Lahir 16 Januari




BUMN Khusus Menangani Radar Bandara Siap Lahir 16 Januari

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Selasa, 08/01/2013 10:42 WIB
Jakarta - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Perum Navigasi akan diresmikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan pada 16 Januari 2013, setelah sempat tertunda dari rencana awal di akhir 2012.

Perum ini bertugas melakukan pengelolaan penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan termasuk sistem radar di bandara-bandara Indonesia. Nantinya, persoalan gangguan pada navigasi di bandara bisa dicegah.

Di 16 Januari 2013, bertempat di Kementerian BUMN lantai 21, Dahlan akan meresmikan dan memperkenalkan jajaran direksi petinggi BUMN yang akan mengatur dan mengelola sistem lalu lintas penerbangan udara di Indonesia ini.

"Tanggal 16 mau dibahas, akan ada perkenalan perum pelayanan navigasi penerbangan Indonesia," tutur Dahlan usai rapat pimpinan di Kantor Pusat WIKA, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2013).

Dahlan menjelaskan, untuk jajaran direksi, khususnya posisi direktur utama diambil dari internal Kementerian Perhubungan.

"Sekarang itu dari direktur navigasi Kemenhub, saya anggap mampu, itu diajukan oleh Kemenhub, ternyata dia sangat baik, saya setuju dia jadi dirut," tambahnya.

Dahlan menegaskan, ketika beroperasi, seluruh sistem lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) akan berada di bawah satu komando. Bukan seperti saat ini, yang terpisah dan berada di pengaturan PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II. Setelah menyatu, akan ada masa transisi untuk penyatuan sistem ATC karena terjadi perbedaan sistem yang ada di antara AP I dan AP II.

"ini akan di-takeover semua, navigasi Indonesia jadi satu. Proses akan makan waktu, nggak bisa cepat," cetus Dahlan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar